POLA HIDUP SEHAT

Umumnya manusia mendambakan hidup sehat agar mencapai usia maksimum. Tetapi seringkali dambaan hidup sehat hanyalah sebuah angan-angan semata karena sumber penyakit dapat berkembang biak di sekitar kita dan kita selalu hidup berdampingan dengan sumber penyakit tersebut. Untuk itu di bawah ini saya menulisakan “Pola Hidup Sehat” kiranya memberikan masukan kepada pembaca, menambah pengetahuan tentang topik ini, menolong pembaca memiliki sikap hati bahwa hidup sehat itu penting dan yang terutama adalah pembaca dapat menerapkan pola hidup sehat setiap hari.
1.       Apa itu Pola Hidup Sehat?
KBBI mengartikan kata ‘pola’ sebagai “Sesuatu yang diterima sebagai pedoman atau model”. Pengertian yang lain dari kata ‘pola’ adalah model yang dipakai untuk membuat atau mengukur sesuatu. Sedangkan ‘Hidup sehat’ dapat diartikan secara sederhana sebagai kegiatan atau tindakan seseorang dalam kesehariannya yang mencerminkan atau memenuhi standard kesehatan. Jadi, Pola Hidup Sehat adalah sesuatu yang dipakai sebagai alat untuk mengukur seseorang dalam kesehariannya, apakah hidupnya memenuhi standad kesehatan atau tidak.
Di bawah ini ada beberapa Standard kesehatan yang harus dipenuhi dalam hidup seseorang:
a.       Rumah selalu bersih dan terhindar dari penyebab atau sumber penyakit. Mis. rumah yang:
·         Bebas nyamuk (penyebab penyakit malaria)
·         Bebas lalat (penyebab penyakit diare, muntaber, dll.)
·         Bebas tikus (penyebab penyakit pes)
b.      Lingkungan sekitar rumah selalu bersih terhindar dari sumber penyakit. Mis. lingkungan yang:
·         Tidak ada ular
·         Tidak ada beling atau pecahan botol
·         Jalanan yang terpasang rambu-rambu lalu lintas atau ada palang jalan (polisi tidur)
·         Selokan yang selalu bersih
·         Memiliki tempat sampah di sekitar rumah
c.       Lingkungan yang tidak tercemar. Mis.:
·         Udaranya bersih
·         Sanitasi yang memadai
·         Laut dan kolam yang bersih

2.       Mengapa Kita Perlu Memiliki Pola Hidup Sehat?
Dinamika dalam siklus yang konstan/tetap dari alam selalu menghasilkan produk yang berguna bagi kebutuhan manusia dan binatang termasuk binatang-binatang kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata. Misalnya: tanaman membutuhkan tanah yang subur sebagai nutrisi. Tanah yang subur itu dihasilkan dari pengurai (mikro organisme) dalam tanah yang mengolah dedaunan dalam tanah. Jadi, tanaman menghasilkan bahan makanan baik bagi manusia tetapi juga bagi mikro organisme dalam tanah. Namun demikian beberapa mikroorganisme baik dalam tanah maupun yang hidup di udara adalah binatang kecil yang menularkan bibit-bibit penyakit.
Disamping produk yang berguna bagi ekosistem, ada juga bahan-bahan yang tidak bermanfaat. Bahan-bahan yang tidak bermanfaat itu dibuang sebagai limbah. Karena itu perlunya pola yang memenuhi standard kesehatan agar bahan-bahan tersebut dibuang di tempat yang tepat sehingga dapat meminimalis berkembang biaknya binatang-binatang yang menularkan penyakit bagi manusia.

3.       Bagaimana Caranya Menerapkan Pola Hidup Sehat?
Hidup sehat merupakan kebutuhan kita dan untuk memperolehnya cukup dengan cara yang mudah dan sederhana. Ada semboyan yang mengatakan bahwa “Kebersihan adalah pangka kesehatan”. Karena itu, dengan membersihkan lingkungan sekitar kita maka kita terhindar dari sumber penyakit yang membuat kita sakit. Disamping itu kita juga mengkonsumsi makanan yang memberi nutrisi yang cukup bagi tubuh untuk dapat beraktivitas. Dengan tubuh yang sehat maka kita bisa menikmati kehidupan kita dan kita dapat memakainya untuk kemuliaan bagi nama Tuhan. Kiranya tulisan ini dapat bermanfaat bagi setiap kita yang merindukan kesehatan dan kebugaran tubuh.



Kupang, 2 Juli 2015
Pusat Pengembangan Anak (PPA) IO-641
Mentor usia 19+



Ev. Apri Laiskodat, S.Th.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONTEKSTUALISASI

AGAMA SUKU

TANGGAPAN TERHADAP "ANAK KUNCI ISRAEL YANG HILANG DI MALUKU"